RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 1 INDRALAYA
UTARA
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/SATU
Peminatan : MIPA
Materi Pokok : USAHA dan ENERGI
Alokasi
Waktu : 4 Pertemuan (16 JP)
A. Kompetensi Dasar & Indikator
3.3.
Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan
usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan
permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
·
Memformulasikan
hubungan antara gaya, energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk persamaan
·
Menunjukkan kaitan
usaha dengan perubahan energi kinetik
·
Memformulasikan
konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi
·
Merumuskan hubungaan
gaya konservatif dengan energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik
·
Merumuskan hukum
kekekalan energi mekanik pada gaya konservatif
4.3.
Memecahkan
masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan
kekekalan energi
·
Melakukan percobaan usaha dan energi
·
Mengolah dan menyajikan data percobaan usaha dan energi
·
Mengkomunikasikan hasil percobaan usaha dan energi kedalam bentuk
persamaan matematis
·
Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam persoalan sehari-hari
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat memformulasikan
hubungan antara gaya, energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk persamaan melalui
percobaan sederhana dengan tepat
2.
Siswa dapat menunjukkan
kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik melalui diskusi kelompok dengan
tepat
3.
Siswa dpata memformulasikan
konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi
dengan tepat
4.
Siswa dapat merumuskan
hubungaan gaya konservatif dengan energi potensial dan hukum kekekalan energi
mekanik dengan tepat
5.
Siswa dapat merumuskan
hukum kekekalan energi mekanik pada gaya konservatif dengan tepat
6. Siswa dapat melakukan
percobaan usaha dan energi dengan benar
7. Siswa dapat mengolah
dan menyajikan data percobaan usaha dan energi
8. Siswa dapat mengkomunikasikan
hasil percobaan usaha dan energi kedalam bentuk persamaan matematis dengan
tepat
9. Siswa dapat menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik dalam persoalan sehari-hari dengan benar
C.
Materi Pembelajaran
Fakta :
-
Matahari merupakan sumber energi
utama
-
Energi panas
dari matahari menghasilkan energi-energi lain dimuka bumi
-
Definisi usaha secara fisis berbeda dengan pengertian usaha dalam kehidupan
sehari-hari
-
Sumber
energi manusia untuk melakukan usaha yaitu makanan
-
Energi dan
usaha saling berkaitan
Konsep :
-
Pengertian usaha dan energi
-
Energi kinetik dan energi
potensial
-
Hubungan usaha dan energi kinetik
-
Hubungan usaha dengan energi
potensial
-
Hukum kekekalan energi mekanik
Prinsip :
-
Hukum Kekekalan Energi
Prosedur :
-
Percobaan hukum kekekalan energi
D. Metode
Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
E.
Media, Alat dan Sumber Belajar
·
Media :
cetak dan elektronik (internet)
·
Alat : KIT Mekanika
·
Sumber
Belajar: buku
pegangan Fisika jilid 1, Buku Fisika Penunjang Aktivitas Peserta didik,
mechanics 1 dan 2, dan hands out
F.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
Guru : mengucapkan
salam pembuka “assalamu’alaikum wr.wb”
Siswa : menjawab salam dengan
tertib
Guru : mengecek
daftar hadir siswa,dan mendata jika ada siswa yang tidak hadir dan datang
terlambat
Guru : meminta siswa untuk bersungguh dalam
mengikuti pelajaran.
Guru : memberikan pertanyaan
awal definisi usaha dalam kehidupan sehari-hari ?
Siswa : menjawab dengan berbagai
jawaban
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Inti
·
Mengamati
Siswa : mengamati peragaan
simulasi yang berkaitan dengan konsep usaha (usaha positif,usaha negatif,dan
usaha nol) serta menjawab pertanyaan bentuk usaha yang dilakukan.
Siswa : diminta untuk
memperagakan contoh usaha positif (mendorong kursi) ,dan bernilai nol
(mendorong diding).
Guru : menilai keterampilan mengamati siswa
·
Menanya
Guru : memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya
Siswa : Apakah sajakah yang mempengaruhi usaha?
Guru : Memberikan kesepatan
siswa untuk menjawab pertanyaan temannya.
Siswa :
Usaha dipengaruhi oleh gaya (F) dan perpindahan (S) , yang nilaikeduanya
berbanding lurus dengan usaha (W)
Guru : Memberikan pertanyaan
apakah hubungan usaha dengan energi mekanik? Sebelumnya apakah yang dimaksud
dengan energi ? Apasajakah bentuk-bentuk energi?
Siswa : mendiskusikan jawaban
pertanyaan , definisi energi dan hubungannya dengan usaha.
Guru
menilai sikap kemampuan bertanya siswa
·
Mencoba
(percobaan
usaha untuk mengetahui pengaruh besar sudut apit terhadap besar usaha)
Peserta didik
dibagi menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 5 orang
Siswa : didalam kelompok diminta
untuk melakukan kegitan menarik benda bermassa sepanjang 100 cm menggunakan
tali.
Guru : meminta siswa untuk mengamati
gerakan benda tersebut dan menentukan besaran yang mempengaruhinya.
Guru : membimbing siswa untuk
menggambarkan diagram bebasnya
Guru : memberikan LKS kepada
siswa untuk melakukan praktikum untuk mengetahui pengaruh sudut antara gaya
dan perpindahan terhadap usaha yang dilakukan
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
keterampilan mencoba,menggunakan alat dan mengolah data serta menilai
kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
·
Mengasosiasi
Siswa : melakukan praktikum dengan tertib dan mengikuti langkah kerja
pada LKS yang telah diberikan
Guru : membimbing siswa untuk menentukan
pengaruh sudut antara gaya dan perpindahan terhadap usaha yang dilakukan.
Guru : membimbing siswa untuk
menarik kesimpulan dan mengolah pemahaman konsep siswa
·
Mengkomunikasikan
Siswa : Perwakilan kelompok
menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan dan kesimpulannya.
Siswa : mendiskusikan jika ada
pendapat yang berbeda
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
60 menit
|
Penutup
Guru : Bersama-sama
peserta didik menyimpulkan konsep usaha pada benda , bahwa usaha (W)
berbanding lurus dengan gaya (F) dan perpindahannya (S) . Semakin besar gaya
yang bekerja pada benda makin besar juga usaha yang dilakukan pada benda
tersebut.
Siswa :
Menyatakan hubungan F dengan S dalam bentuk matematis.
W= F
cos
Usaha
bernilai positif jika :
usaha yang dilakukan searah dengan arah perpindahannya (contohnya:saat kita
mengakat buku)
Usaha
bernilai negatif jika :
usaha yang dilakukan berlawanan arah dengan perpindahannya (arah gaya
grafitasi saat buku diangkat berlawanan dengan arah perpindahan keatas buku)
Guru :
Menutup pelajaran dengan mengucapkan
“wassalamu’alaikum.wr.wb”
|
15 menit
|
G.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
-
Teknik : Diskusi kelas (Individu)
-
Bentuk : Pertanyaan
-
Instrumen : Tes dan Non Tes
Sikap (Afektif)
No
|
Sikap Yang Ditanamkan
|
Penilaian (Check List)
|
1.
|
Disiplin
(tepat waktu)
|
Skor 2
|
2.
|
Kebersihan
dan Kerapian
|
Skor 2
|
3.
|
Sopan
santun, Tanggung Jawab
|
Skor 2
|
4.
|
Terbuka,Kritis,Kreatif
|
Skor 2
|
5.
|
Inovatif
dan Peduli Lingkungan
|
Skor 2
|
Pengetahuan (Pretes/Postes)
A. Tes tulis uraian
No
|
B
U T I R S O A L
|
Skor
|
1.
|
Bagaimanakah
hubungan antara energy dengan usaha?
|
10
|
2.
|
Buatlah
diagram bebas benda yang bekerja seperti dibawah ini :
|
15
|
2.
|
Energi
apakah yang tersimpan pada buah kelapa yang menempel pada pohonnya ? Jelakan
dan buatlah analoginya kedalam bentuk gambar.
|
15
|
3.
|
Manakah
yang lebih besar energi kinetiknya antara benda dengan kecepatan 20 m/s
bermassa 250 g atau benda dengan kecepatan 20 m/s bermassa 50 g ? Jelaskan
dan uraikan dalam bentuk penyelesaian soal.
|
30
|
4.
|
Tentukan
energi potensial benda yang massanya 0.5 kg diletakkan pada sebuah tiang yang
tingginya 6.5 m.Besarnya energi potensial terhadap kepala orang yang berdiri
di bawahnya adalah (jika g = 10 m/s2 , dan tinggi orang tersebut
1,5 m) ...
|
30
|
|
Jumlah total
|
100
|
B. Lembar observasi
Rubrik.
No
|
Aspek
|
Skor Maks
|
Skor
|
Nama Kelompok/Kls
|
1.
2.
3.
4.
|
Merangkai alat dengan benar
Melakukan kegiatan sesuai LKS
Memperoleh data
sesuai
Membuat kesimpulan
benar
|
4
4
4
4
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
Skor
|
Kriteria
|
Skor
|
Kriteria
|
4
|
- merangkai alat dengan benar
- melakukan kegiatan sesuai LKS
- memperoleh data sesuai
- membuat kesimpulan benar
|
2
|
- merangkai alat 2 tidak benar
- melakukan kegiatan 2 tdk sesuai LKS
- memperoleh data 2 tdk sesuai
- membuat kesimpulan 2 tdk benar
|
3
|
- merangkai alat 1 tidak benar
- melakukan kegiatan 1 tdk sesuai LKS
- memperoleh data 1 tdk sesuai
- membuat kesimpulan 1 tdk benar
|
1
|
- merangkai alat salah semua
- melakukan kegiatan salah semua
- data diperoleh salh semua
- kesimpulan diperoleh salah semua
|
Skor yg diperoleh
Nilai =
------------------------------- x 100
Skor maksimum
Indralaya
Utara, 15 November 2014
Guru Mata Pelajaran Fisika, Mahasiswa P4
Muhammad Firdaus Depi
Oktasari
NIP 197902262006041006 NIM.
06111011040
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Dra.
Hj. Darmawati, M. M
NIP
196406101990022001
Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar